Jumat, 14 Oktober 2011

10 Tips Hilangkan Stres Di Hari Pernikahan

Hari pernikahan memang merupakan hari yang spesial. Tapi terkadang rasa stres dan kewalahan dengan segala urusan yang berhubungan dengan pernikahan itu tidak bisa dihindari. Nah, tips berikut dapat membantu anda mengurangi stres pada hari pernikahan anda.

1. Cobalah memakan makanan yang sehat saat sarapan. Sarapan yang sehat dan bernutrisi akan membuat anda memiliki awal yang baik untuk memulai hari pernikahan anda. Lanjutkan dengan makanan yang ringan untuk selebihnya. Buah-buahan kering, salad, low-fat yogurt, dan roti berserar tinggi adalah menu yang baik untuk anda santap seharian itu.
Jus buah yang tidak mengandung gula juga dapat membantu anda meredakan ketegangan karena stres.

2. Pastikan anda selalu membawa beberapa botol air putih setiap waktu. Menghirup sedikit air putih dengan sering selama seharian lebih baik daripada anda meminum sebotol air putih dengan rakus selama 10 menit, kecuali jika anda ingin bolak-balik ke restroom. Air putih penting untuk melancarkan pencernaan dan menyerap vitamin dan mineral. Kopi, teh, dan soda hanya akan membuat tubuh anda kekurangan cairan.

3. Tertawa! Carilah segala sesuatu selama sehari itu yang dapat membuat anda tertawa. Tertawa dipercaya dapat mengurangi hormon stres yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan menekan aktivitas kekebalan.

4. Jadilah orang yang sangat teratur. Semakin banyak yang anda habiskan untuk mengatur segala sesuatu dengan semua orang menjelang hari pernikahan (misal catering, EO, fotografer, dsb) semakin sedikit stres yang akan anda hadapi pada hari pernikahan anda. Jangan sisakan pekerjaan, selesaikan sampai tuntas paling tidak seminggu sebelum hari
pernikahan anda.

5. Jika anda berencana berbulan madu setelah resepsi anda, jangan lupa untuk menyiapkan barang bawaan anda (juga barang-barang penting lainnya seperti passport, tiket, dsb) sudah tersiapkan dan ditaruh ditempat yang aman dan mudah dijangkau.

6. Beristirahatlah dengan sebaik-baiknya dimalam sebelum hari permikahan anda. Agar tidur anda nyenyak lakukan hal berikut:
- Menonton TV di tempat tidur
- Minimalkan suara, lampu, dan suhu di ruangan anda
- Jangan minum minuman yang mengandung kafein 4 jam sebelum anda tidur
- Jangan makan, olah raga, atau minum minuman alkohol sebelum anda tidur.

7. Bagikan tugas ke sebanyak mungkin orang yang mau membantu anda. Semakin sedikit hal yang anda lakukan, semakin sedikit stres yang akan menghadang anda.

8. Tetap miliki sudut pandang yang positif pada hari pernikahan anda. Walaupun hari pernikahan itu penting, kebahagiaan anda dimasa akan datang tidak hanya ditentukan dari satu hari itu saja.

9. Riset menunjukan bahwa musik memberikan dampak yang besar pada tubuh dan jiwa anda. Musik dapat mengeluarkan pikiran positif yang dapat membantu anda mencegah stres yang bisa merusak tubuh anda. Mintalah agar musik yang diputar pada hari pernikahan anda adalah musik yang paling berkesan bagi anda.

10. Mengertilah bahwa anda tidak bisa mengontrol semuanya. Salah penyebutan nama, pengisi acara datang terlambat, keadaan alam yang tidak bisa berkompromi, kendaraan mogok, dan lain-lain, semua bisa terjadi. Maklumilah semua itu, cobalah menerima bahwa anda tidak bisa mengontrol semuanya dengan sabar dan kerendahan hati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dapur Laluna Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template